http://komisigratis.com/?reg=lindrafebriansyah

Sabtu, 11 Mei 2013

Kekuatan Militer Terkuat Dunia Tahun 2012

Dengan kekuatan militer dan ekonomi yang kuat, suatu negara mampu memberikan pengaruh kepada negara sekitar dan bahkan dunia, semua negara segan dan tak berani macam-macam.
Berikut daftarnya..

1. Amerika Serikat


Dunia sudah mengenal bagaimana kekuatan negara Adidaya satu ini, pemilik ekonomi terbesar di dunia. Setelah runtuhnya Uni Soviet sebagai salah satu Adidaya ,Amerika dengan penduduk 300 juta lebih menjadi satu-satunya negara Adidaya di dunia tanpa saingan. Amerika memiliki angkatan Laut dan Udara terkuat dunia (kuantitatif), yaitu sebanyak 1,559 Angkatan Laut dan sebanyak 18,169 Mesin perang angkatan udara. Amerika memiliki 1,3 Juta Personil aktif dalam militer, selain itu Amerika juga negara produksi senjata terbesar di dunia.

2. Rusia


Satu lagi negara dengan luas wilayah terbesar di dunia, terbentang dari Eropa, Asia dan belahan utara. Negara dengan jumlah penduduk  sekitar 160 juta jiwa ini memiliki  jumlah senjata darat terbanyak didunia yaitu sejumlah 79,985.  22.800 adalah Tank. Russia memiliki total sebanyak 526 Mesin Perang Angkatan Laut dan memiliki 3,888 angkatan udara. Kekuatan Rusia tidak sehebat pendahulunya Uni Soviet yang memiliki banyak Kapal Induk, sekarang Rusia hanya memiliki kapal indul satu satunya Admiral Kuznetsov dan sebagian besar Alutsistanya peninggalan era soviet, perlahan dibawah komando Vladimir Putin. Rusia mengejar titel “Adidaya” nya lagi.

3. China


Negara dengan jumlah penduduk paling banyak di bumi, juga negara dengan personil militer terbanyak di dunia, yakni sekitar 2,2 Juta Personil. Perlahan kekuatan ekonomi China terus mengekor dibelakang Amerika, dan memiliki kesempatan besar menjadi negara Adidaya baru. China memiliki senjata darat berjumlah 31,300 dan 8,200 diantaranya adalah Tank. Memiliki 1,900 mesin perang angkatan udara, dan juga sebanyak 760 mesin perang angkatan laut. dan yang lebih menakutkan dari China, adalah rata-rata orang disana yang masuk umur mampu militer adalah 20 Juta tiap tahunnya. sampai sekarang China (PLA) belum pernah kalah dalam perang, dalam perang Korea, China melawan Amerika berakhir seimbang.

BAGAIMANA DENGAN INDONESIA?

Disebuah situs yang menyajikan informasi mengenai kekuatan militer negara-negara di dunia , Global Fire Power, Indonesia ternyata mendapat kedudukan di 20 besar militer terkuat. Tepatnya di urutan 18 (Turun 5 peringkat sejak tahun 2010). Dan di ASEAN, Indonesia meraih peringkat ke-1. Disertai kabar gembira dari dunia militer kita setelah KOPASSUS mendapat peringkat 3 dunia untuk pasukan khusus terbaik.

Berikut urutan 20 besar negara terkuat dari segi militer menurut Globalfirepower

  1. Amerika
  2. Rusia
  3. China
  4. India
  5. Inggris
  6. Turki
  7. Korea Selatan
  8. Prancis
  9. Jepang
  10. Israel
  11. Brasil
  12. Iran
  13. Jerman
  14. Taiwan
  15. Pakistan
  16. Mesir
  17. Italia
  18. Indonesia
  19. Thailand
  20. Ukraina

Sementara negara-negara tetangga berada di :

  • Philipina (ke-23)
  • Australia (ke-24)
  • Malaysia (ke-27)
  • Singapura (ke-41)

Walaupun alutsista negeri ini gak minim sekali. Tapi dari segi kekuatan keseluruhan Indonesia mendapat posisi terkuat di ASEAN. Tak salah, jika dalam sebuah berita online, seorang pejabat negara (saya lupa negara mana), mengatakan bahwa jika seluruh kekuatan militer yang dimiliki Indonesia dikerahkan, maka akan 'sangat berbahaya' bagi negara-negara ASEAN.


Tidak ada komentar: