http://komisigratis.com/?reg=lindrafebriansyah

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jumat, 31 Mei 2013

Bikin Desa Binaan, FKM UI Gandeng Pertamina

Logo UI. (Foto: dokumentasi UI)JAKARTA - Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) menjalin kerjasama dengan PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (Pertamina PHE ONWJ) pada program Desa Binaan FKM UI di Desa Tanjung Sedari, Karawang, Jawa Barat.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Dekan FKM UI Bambang Wispriyono, Apt., Ph.D dengan Executive VP Pertamina PHE ONWJ Jonry Sinulingga di Ruang Promosi Doktor FKM UI kampus Depok.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Sabtu (1/6/2013), pemilihan Desa Tanjung Sedari, Karawang-Jawa Barat sebagai Desa Binaan karena FKM UI melihat rendahnya derajat kesehatan masyarakat yang ada di desa tersebut seperti tidak adanya pelayanan kesehatan terpadu yang layak, minimnya air bersih, tidak terdapat MCK, sanitasi buruk serta kebiasan warga buang air besar di pinggir kali.

Oleh karena itu, FKM UI berinisiatif meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Desa Tanjung Sedari dengan melibatkan Petamina PHE ONWJ, masyarakat, dinas kesehatan dan pihak swasta lainnya sehingga program ini dapat berjalan dengan optimal.

Kegiatan Desa Binaan Tanjung Sedari, Karawang-Jawa Barat akan dilaksanakan dalam jangka satu tahun yang terdiri dari pengumpulan data dan pengaturan prioritas yang melibatkan masyarakat dan institusi lokal serta memperluas jaringan lokal maupun nasional dengan melibatkan seluruh potensi untuk dapat melakukan community development agar kegiatan tersebut dapat berlanjut.

Setelah itu akan dlakukan evaluasi berdasarkan indikator keberhasilan yang ditetapkan bersama dalam bentuk laporan kegiatan seperti foto, video dan laporan tertulis. Evaluasi indikator keberhasilan ini bertujuan untuk menyebarluaskan sebagai pembelajaran bagi masyarakat maupun desa lain.

Kegiatan Desa Binaan FKM UI merupakan bentuk penerapan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat, yang bertujuan untuk mengorganisasikan dan mengembangkan suatu masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu-ilmu kesehatan masyarakat.

Sebagai informasi, desa Binaan merupakan salah satu program kerja cetusan FKM UI yang melibatkan staf pengajar FKM UI hingga mahasiswa BEM IM-Departemen Sosial Masyarakat FKM UI serta mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Departemen Epidemiologi, Biostatistik, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Kesehatan Lingkungan, Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Administrasi Kebijakan Kesehatan dan Gizi. (ade) 
Poskan Komentar